Lakukan Ini untuk Mencegah Gagal Klaim Asuransi Mobil di Kemudian Hari

Hendaknya berhati-hati memilih perusahaan ketika hendak membeli asuransi mobil. Dari sekian banyak perusahaan, perhitungkan perusahaan asuransi yang usianya lebih tua, kekuatan finansialnya baik, nasabahnya banyak, & keluhan nasabah akan klaimnya sedikit. Tujuannya supaya klaim untuk mendapatkan ganti rugi atas kerugian akibat kecelakaan, kebakaran, atau kehilangan yang diderita cepat diproses serta dicairkan. Namun sebetulnya, kegagalan klaim bukan sepenuhnya tanggung jawab perusahaan asuransi melainkan juga tanggung jawab nasabah. Untuk mencegah gagal klaim asuransi mobil di kemudian hari karena kesalahan diri sendiri, kudu lakukan ini:

Bayar premi secara disiplin & tepat waktu

Polis dalam kondisi aktif, salah satu syarat wajib dipenuhi ketika mengajukan klaim. Untuk membuat polis asuransi mobil selalu aktif, Anda sebagai pemegang harus membayar premi secara disiplin. Jangan hanya rutin membayar premi di awal-awal saja, tetapi sampai kontrak berakhir. Di samping itu, pembayaran premi juga diusahakan selalu tepat waktu. Buat reminder di HP jika memang Anda termasuk orang yang lupa. Solusi lainnya adalah dengan menggunakan metode pembayaran dengan sistem autodebet. Meski begitu, Anda harus tetap melakukan pemantauan. Ada kejadian di mana polis tidak lagi aktif lantaran pembayaran dengan autodebet.

Informasikan tentang adanya modifikasi pada mobil

Sejumlah orang tertarik untuk melakukan modifikasi terhadap mobilnya supaya terlihat lebih keren dan juga unik. Apabila Anda salah seorang yang tertarik memodifikasi mobil, pastikan untuk menginformasikan kepada perusahaan asuransi sebelum membeli polis asuransi mobil. Beritahukan apa saja aksesoris yang Anda tambahkan pada mobil yang akan diasuransikan termasuk merek, jenis, hingga harganya. Lampirkan nota pembelian aksesoris sebagai buktinya. Pasalnya, perusahaan asuransi tidak akan memproses apalagi mencairkan klaim untuk aksesoris tambahan pada mobil yang dipertanggungkan jika mengalami kerusakan atau kehilangan apabila tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari Anda sebagai tertanggung.

Perpanjang dokumen pengajuan klaim

Selain polis asuransi, ada dokumen lain yang harus Anda lampirkan ketika mengajukan klaim asuransi mobil. Dua di antaranya SIM dan STNK. Pastikan agar kedua dokumen ini selalu diperpanjang. Jangan sampai masa berlaku yang habis menjadi kendala Anda dalam mengajukan klaim asuransi. Untuk perpanjangan STNK, beberapa perusahaan asuransi menawarkan layanan perpanjangan STNK 5 tahunan secara gratis untuk nasabahnya. Maka dari itu, cari perusahaan yang banyak menawarkan layanan gratis kepada nasabahnya termasuk STNK renewal service sehingga Anda sebagai nasabah merasa puas.

Jadi pengendara yang peduli & taat aturan lalu lintas

Meskipun Anda mengambil perlindungan All Risk untuk asuransi mobil, tidak semua resiko dijamin oleh perusahaan. Resiko yang disebabkan karena melanggar aturan lalu lintas termasuk dalam pengecualian. Artinya, klaim yang Anda ajukan bakal ditolak oleh perusahaan asuransi. Oleh sebab itu, Anda harus menjadi pengendara yang peduli & taat terhadap aturan lalu lintas. Misalnya dengan berkendara dengan kecepatan yang disarankan, menggunakan sabuk pengaman, tidak minum alkohol sebelum berkendara, tidak main HP saat berkendara, dan lain sebagainya. Tujuannya untuk mencapai keselamatan berkendara. Kalaupun masih mengalami kecelakaan, klaim asuransi yang diajukan akan segera diproses oleh perusahaan.

Siapapun orangnya pasti akan merasa kecewa dan sakit hati ketika pengajuan klaim tidak diproses oleh perusahaan asuransi. Tarif premi yang dibayar selama ini berarti sia-sia saja. Namun ketahuilah bahwa penolakan tsb bisa disebabkan karena ulah Anda sebagai nasabah. Untuk menghindari klaim asuransi mobil ditolak perusahaan, lakukan tindakan-tindakan di atas.

Leave a Reply